Sunday, January 3, 2010

Nasi Kebuli


Siang ini nyokap gw bkin menu baru buat makan siang yaitu "Nasi Kebuli" . Pas gw tanya ke nyokap,"apa alasan bkin si nasi kebuli?" , nyokap gw bilang, "lagi pengen nyoba menu baru aja, mumpung resepnya dapet dari Bu Sobari" (ibu haji tetangga belakang ruma di komplek gw).

Yayaya,nyokap gw masih aja cuap-cuap tentang resep menu barunya itu yang juga ditimpalin mbak kus (pembokat gw yang rada sutris,alhasil plg dari arab pas jadi TKW dlu..) yang terus berusaha mentranslate bumbu rempah-rempah dari bahasa indonesia ke bahasa arabiahh.. dan gw cekikikan geli pas dengernya,hihii.. gw contohin ni yahh.. kya bahasa arabnya kayu manis "qirfah", cengkeh "qoronfulun" , lada "fulfulun", trus yang lainnya gw lupa,hhehe..

Balik lagi kecerita tadi, nyokap gw bilang pas doi muda dan masih ngekost di daerah Pasuruan (Malang, Jawa Timur) , sering makan nasi kebuli klo lagi ada pengajian orang arab ato peringatan Maulid Nabi.. Kadang, klo abis acara makan-makan ada acara hiburan gambus.. serunya, smua orang pada joged-joged arab lengkap dengan baju gamisnya,hahaa..

Yeah,lumayan,nambah ilmu sambil menikmati nasi kebuli juga orange juice di meja makan. Oia,ni gw bagi-bagi resep si "Nasi Kebuli"..

Bahan:
4 sdm margarin
150 g bawang Bombay, cincang
10 cm kayu manis
1/2 butir biji pala, memarkan
5 butir cengkih
8 butir kapulaga
300 g daging kambing, potong-potong
500 ml air
1 kg beras yang pulen, cuci, tiriskan
750 ml susu cair/santan

Bumbu, haluskan:
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
4 cm jahe
1,5 sdm ketumbar, sangrai
1/2 sdt merica butiran, sangrai
2 sdt garam

Cara membuat:
1. Panaskan mentega hingga leleh. Masukkan bumbu, aduk hingga harum dan matang.
2. Masukkan kayu manis, cengkih dan kapulaga. Aduk hingga wangi.
3. Tambahkan daging kambing, aduk hingga kaku.
4. Tuangi air, masak hingga daging kambing hampir lunak dan kuah habis. Angkat.
5. Kukus beras selama 30 menit hingga setengah matang. Angkat.
6. Taruh beras dalam panci, tuangi susu/santan. Jerangkan di atas api sambil aduk rata.
7. Tambahkan daging kambing tumis, aduk rata hingga susu/santan habis. Angkat.
8. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang. Angkat.
9. Sajikan panas (porsi untuk 8 orang)

Okai,segitu aja de post kali ini.. see u soon.. :)

8 comments:

  1. ceileehh.......
    telat ihh ikut2 ngeblogny...
    haha..
    gag ding..
    ga ada kata terlamabat untuk belajar..
    hehe...

    ehh, kalo blog lo mau di datengin orang byk, lo juga mesti liat2 blog orang laen, ninggalin komen disitu ,byar orang laen jg blsny bakal ninggalin komen di blog lo, nmny blog walking...

    have a nice ngeblog nyill....

    ReplyDelete
  2. hahaa,ia ni,ta.. baru belajar,jd rada pusing msti gmna2'n,hhe.. siph,ntar meluncur buat blog walking de.. :D

    ReplyDelete
  3. enak banget kayanya....
    mari nge blog,,
    anak baru juga nih...
    gara" ada tugas mata kuliah suruh bikin blog..
    hahaha!!
    mari saling berkomen.... :)

    ReplyDelete
  4. aduh lapeeerr!! bikin kari kambing sama acar nanas sekalian ga nyil?? :)

    The A

    *thinkpokari.blogspot.com is under construction. we will catch you up soon. thankies!

    ReplyDelete
  5. @ Astrid: salam anak baru,ahahahaa.. ayo,kita ramaikan bersama.. :D

    ReplyDelete
  6. @ The pocari -> The A: berhubung byk yg g suka sama acar.. jadi pelengkap yang satu itu dilongkap,ai.. hhehe.. tp sejauh ini,nasi kebuli'n sukses.. hayo,kapan gtu qta masak brg,hihii.. ^^

    ReplyDelete
  7. gw maooo terimaaa jadiii.....
    kirimin ke kost ya... hehehe

    ReplyDelete
  8. telaatt,uda abis duluan,chriss.. :D suru si mami bikin juga dum,hohoo..^^

    ReplyDelete